keperluan dede-1

/
0 Comments

sebuah peristiwa terbesar dalam hidup seorang wanita adalah menikah dan melahirkan anak buah cinta pernikahan.
saya sudah melewati yang pertama dan sedang menyambut yang kedua datang dalam hidup saya..
menyambut kelahiran sang jagoan .. hehehe..

Q : apakah saya bahagia?
A : ya iyaaalah..pake tanya..jelas saya bahagia ...

okeh, proses perbulannya kan sudah saya posting di sebelumnya,

tapi, yang paling penting ketika memasuki bulan ke-7 itu ada 2, persiapan kelahiran dan persiapan selametan 7 bulanan..
kita ke yang 2 dulu..

prosesi nya kurang lebih begini untuk adat saya : (kebetulan saya setengah sunda dan jawa tp karena suami sunda jadi lebih berat ke adat sunda )

Upacara Tingkeban adalah upacara yang diselenggarakan pada saat seorang ibu mengandung 7 bulan. Hal itu dilaksanakan agar bayi yang di dalam kandungan dan ibu yang melahirkan akan selamat. Tingkeban berasal dari kata tingkeb artinya tutup, maksudnya si ibu yang sedang mengandung tujuh bulan tidak boleh bercampur dengan suaminya sampai empat puluh hari sesudah persalinan, dan jangan bekerja terlalu berat karena bayi yang dikandung sudah besar, hal ini untuk menghindari dari sesuatu yang tidak diinginkan. Di dalam upacara ini biasa diadakan pengajian biasanya membaca ayat-ayat Al-Quran surat Yusuf, surat Lukman dan surat Maryam.
Di samping itu dipersiapkan pula peralatan untuk upacara memandikan ibu hamil , dan yang utama adalah rujak kanistren yang terdiri dari 7 macam buah-buahan. Ibu yang sedang hamil tadi dimandikan oleh 7 orang keluarga dekat yang dipimpin seorang paraji secara bergantian dengan menggunakan 7 lembar kain batik yang dipakai bergantian setiap guyuran dan dimandikan dengan air kembang 7 rupa. Pada guyuran ketujuh dimasukan belut sampai mengena pada perut si ibu hamil, hal ini dimaksudkan agar bayi yang akan dilahirkan dapat berjalan lancar (licin seperti belut). Bersamaan dengan jatuhnya belut, kelapa gading yang telah digambari tokoh wayang oleh suaminya dibelah dengan golok. Hal ini dimaksudkan agar bayi yang dikandung dan orang tuanya dapat berbuat baik lahir dan batin, seperti keadaan kelapa gading warnanya elok, bila dibelah airnya bersih dan manis. Itulah perumpamaan yang diharapkan bagi bayi yang dikandung supaya mendapatkan keselamatan dunia-akhirat.

Sesudah selesai dimandikan biasanya ibu hamil didandani dibawa menuju ke tempat rujak kanistren tadi yang sudah dipersiapkan. Kemudian sang ibu menjual rujak itu kepada anak-anak dan para tamu yang hadir dalam upacara itu, dan mereka membelinya dengan menggunakan talawengkar, yaitu genteng yang sudah dibentuk bundar seperti koin. Sementara si ibu hamil menjual rujak, suaminya membuang sisa peralatan mandi seperti air sisa dalam jajambaran, belut, bunga, dsb. Semuanya itu harus dibuang di jalan simpang empat atau simpang tiga. Setelah rujak kanistren habis terjual selesailah serangkaian upacara adat tingkeban.

saya mau dan sangat ingin mengadakan upacara 7 bulanan sesuai dengan prosesi di atas, tapi karena keterbatasan dana, saya lebih memilih untuk saving uang saya sekarang dan membeli perlengkapan bayi yang harganya pasti mahal...
lalu yang pertama, menyambut kelahiran si kecil..
awalnya sudah pasti dari memilih dokter yang akan melakukan tindakan kepada saya, lalu rumah sakit yang bagus dan fasilitasnya memadai..
alhamdulilah sudah menemukan keduanya..

namun ternyata yang paling menyita waktu dan tenaga, serta tabungan adalah memilih perlengkapan bayi..
memang sih akan banyak kado, tapi pasti kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita. termasuk dalam pemilihan merk 2 barangnya..
saya sudah melakukan survey dan ternyata harga barang2 dipekanbaru mahal sekali..
jadi, saya putuskan untuk mengambil barang dari jakarta dengan menitip kepada mamah mertua,
sebelumnya, papah sudah ada mengatakan tentang pembelian stroller yang menurut dia "gampang lah itu, ntar papah aja yang beliin " asyiiiik.... pengiritan..hehehe
jadi sudah ada stroller baby elle warna hitam yang sudah dicoret dari daftar..

inilah isi sms saya tentang daftar belanjaan bayi :

1/2 lusin baju tangan panjang
1/2 lusin celana panjang
1/2 lusin atasan lengan pendek
1/2 lusin atasan tanpa lengan
1/2 lusin celana pop/celana pendek
2 celana tutup kaki
2 baju monyet
4 pasang sarung kaki+sarung tangan
1/2 lusin singlet
1 topi bayi
(semuanya merk nova, libby atau fluffy)
2 lusin popok kain
1/2 lusin gurita
1/2 lusin bedong
kain gendongan dede
stagen mbah2 (buat mamahnya dede)

pada akhirnya semua barang itu dipaketkan oleh mamah ke pekanbaru, dengan kabar "itu baju nggak usah diganti.. mamah aja yang beliin buat dede.." alhamdulilah...
akhirnya tinggal sisa beberapa yang akan saya cari di mangga dua (toko lidos) yang menurut ibu2 di thread manapun yang paling lengkap, serta beberapa tetap saya cari di pekanbaru..
nanti daftar barangnya akan saya masukkan ke thread yang kedua yah.. hehehe

mudah2an memang rejekinya dede..
termasuk keputusan untuk membeli rumah dalam waktu dekat..(amiin)



*nama dede berubah lagi :
Danish Arkaan Rasya Aditra - (amiiin)



You may also like

Tidak ada komentar: