Buku Bagus bulan ini

/
1 Comments
gw pada dasarnya emang maniak banget sama yang namanya buku..whatever the book is, i will read it until end.. cuman emang karena gw orangnya gak suka banget dibuat penasaran, jadi satu buku paling gw baca 2-4 jam. rekor buat buku Mushashi yang bisa gw baca seharian. (red:24 jam tanpa tidur, makan dan hanya pergi ke toilet). nyokap gw pernah sampe bilang klo buku itu udah kayak makanan utama gw.. kecuali buku pelajaran tentunya.. kesukaan gw sama buku juga membuat gw suka menulis.. karena gw suka mikir macem2, ngehayal macem2 sampe kadang absurd.. rekor lainnya adalah ketika gw baca buku Harry Potter yang ke 7 dalam bahasa Inggris America, yang mana seharusnya butuh kita mikir lebih, ternyata berhasil gw babat cuman 6 jam aja..
kesukaan gw sama novel equals dengan kesukaan gw sama komik.. malah komik adalah soulmate gw ( suka lebay). dulu pas gw masih di purwokerto, sampe dibela2in dateng ke rental komik milik gw sendiri buat ambil komik pagi2 dengan alasan mau boker.. yup..bahkan kebiasaan gw boker dengan buku bacaan di tangan pun menurun dari kesukaan gw sama buku,,

ditambah, skr pas gw hamil, entah kenapa, gw pengen banget baca terus tiap hari..tapi apalah daya, tempat penyewaan komik dan novel disini jauuuuuuuuuh banget dari rumah gw (maklum gw tinggal di pinggiran pekanbaru), sekitaran 20kilo. jadi sempet dibela2in beli, tapi lama - lama berasaa...

ini daftar bacaan gw selama 1 bulan ini, selain komik yah.. (klo komik susah kasih resensinya, sehari 10 buku bisa teol tangan buat nulis)


1. firefly lane

yang ini sedihnya lebeee...mpe bikin gw nangis sesegukan..sebenernya ceritanya standar cerita novel cewek, tentang persahabatan 2 manusia yang saling iri-irian..masing2 menjalani kehidupan yang berbeda..
sampai akhirnya salah satu dari 2 bersahabat itu meninggal dunia. acara nangis2annya sama kayak pas nonton endless love atau kabut cinta. sumpah, nangis sampe lebay..
dan suami bertanya "ngapain nangis?"
dia belum tau klo istrinya ini bisa nangis cuman karena baca novel..wkwkwkwk


2. Kisah Tragis Oei Hui Lan

Novel ini gw baca dalam perjalanan panjang ke Kota pinang, sebuah kota di medan pinggiran dan terkesima oleh : covernya yang agak mirip miss K (kuntilanak). jadi selama di hotel nie novel ga berani gw tampakkan covernya..takuuut..
tapi beda cover sama dalemnya.. novel ini benar2 memberikan informasi tentang kejayaan Indonesia dimasa penjajahan dimana ada orang terkaya se Asia Tenggara pada masa itu yang merupakan keturunan Cina, ternyata tinggal di Semarang.
ceritanya pun dibuat dengan sangat apik sehingga kita bisa membayangkan seperti apa kehidupan orang terkaya se Asia Tenggara di masa itu, bahkan hanya lewat penceritaan anak nya.

3. Every Dead Thing

ini Novel detective yang bagus bagi yang suka novel-novel berat dengan tulisan kecil - kecil. namun salut dengan cara pengarangnya mengungkapkan misteri demi misteri yang dibalut dengan wajar dan membuat si pembacanya penasaran.
di akhir cerita kita akan dikejutkan oleh serentetan misteri yang ketika terkuak, membuat kita tak percaya siapa si pembunuh misterius yang dicari oleh tokoh utamanya.. namun sebenarnya gw udah sangka pembunuhnya itu orang dekat si tokoh utamanya, tapi yah namanya juga cerita tetep dibuat semenarik mungkin dengan berbagai kemungkinan. overall, ini novel bagus..

4. The Physic Book of Deliverance Dane

Buku terakhir yang ceritanya lebih condong ke fiksi. awalnya gw beli nie novel karena memang di resensinya menunjukkan kalau ceritanya akan menjurus ke sejarah penyihir salem. pernah denger tentang penyihir salem kan?dimana dimasa itu Gereja menuduh banyak wanita akan serangkaian peristiwa aneh yang terjadi karena ulah wanita-wanita penyihir. padahal peristiwa aneh itu kalau ditelusuri dengan benar, menggunakan teknologi dan penilaian rasional hanya akibat dari penyakit-penyakit yang belum ada obat nya dimasa itu. contohnya seperti kerbau yang mendadak mati dan mengeluarkan buih dimulutnya, bisa jadi karena penyakit Antrax.
namun karena dimasa itu Gereja masih belum mengakui Sains sebagai bagian dari mereka, serta kebanyakan penduduk yang masih percaya dengan tahayul, maka dikorbankanlah banyak wanita dengan cara dibakar, lalu mayatnya langsung di hanyutkan di sungai..
peristiwa salem itulah yang memicu legenda - legenda tentang adanya penyihir.
buku ini pun memang membahas tentang penyihir dari sudut pandang masa kini. gw masih inget dulu pernah berfikir untuk mengambil kuliah sejarah karena suka dengan sudut pandang serta cerita - cerita di masa lampau. namun pembelajaran sejarah di Indonesia yang tidak akurat serta tidak sebagus di harvard, misalnya membuat gw urung melanjutkan cita2 idealisme nya..akhirnya hasrat tentang sejarah itu hanya bisa gw teruskan dengan membaca dan mendalami sudut pandang dimasa itu dari sisi gw pribadi..

okay...ntar gw lanjutin yah..
mesti kerja klo mau digaji..wkwkwk


You may also like

1 komentar:

  1. lg nyari juga renal buku di pekanbaru. tapi blm ketemu. ada info?

    BalasHapus