Toko itu bernama 'Rumah Mobo'

/
4 Comments

saya pernah, paling tidak merasakan memiliki sebuah toko komik bernama Rumah Mobo atau Rumah Movie and Book.. bahasa yang berantakan
Rumah Mobo buka dari bulan januari tahun 2006 disaat saya masih berkuliah di purwokerto
dan mengalami masa kejayaannya selama 3 tahun sampai dengan 2009 disaat pendapat tiap bulannya sekitar 300-400 ribu seharinya..

setelah itu,
masa kejayaan itu berakhir..

sedari awal, pemilik tempat kami mengontrak ruko hanya menggantungkan keuangannya dari sewa tokonya yang tak seberapa setahunnya kepada kami..mulai dari awal tahun kami ditagih untuk melunasi toko kami selama 3 tahun berikutnya sampai 2009.

saya pergi mengadu nasib pada bulan oktober 2009 ke jakarta karena mendapatkan pekerjaan disana. antara menghadapi realita dan impian rumah mobo menjadi besar, akhirnya saya memutuskan pekerjaan lah yang akan menaikkan gengsi saya dan keluarga saya..
saat itu sewa mobo masih sampai bulan januari 2010 dan niatnya akan saya perpanjang lagi, apabila well, si ibu pemilik toko tidak menjual rumahnya kepada pemilik lain.
alhasil, seketika itu kami terkena 'penggusuran terpaksa' alias 'diusir'
dan karena tempat yang baru dicari dengan tanpa perencanaan dan hanya dibantu oleh almarhum ibu saya dan teman2 yang setia di mobo, kami mendapatkan tempat dalam waktu cepat namun tidak tepat..

terjadi penurunan penghasilan, dari 300rb tiap harinya menjadi 100rb

tapi hal itu tidak menjadikan saya ragu untuk tetap memutuskan meneruskan mobo,
setelah itu, masih saja ada permasalahan yang menghadang..
saya hanya mendapat sedikit untung dari mobo semenjak itu, namun selalu mendapatkan musibah dengan pola yang sama, yup.. bulan september 2011 kami diusir sekali lagi oleh pemilik tempat dengan tentu saja, bayaran yang setimpal..

sekarang ini Mobo masih terus berusaha bertahan..tambal sulam kalau istilah saya karena tak pernah cukup cash flow yang ada..
dan yang sangat saya sayangkan, selama dua tahun ini saya tidak ada disana dengan inovasi2 yang bisa saya berikan karena terlalu larut akan pekerjaan - pekerjaan harian saya dan kehidupan pribadi saya yang waktu itu, agak morat - marit..

tapi sekarang disaat saya punya waktu untuk berfikir dan berinovasi, ingin rasanya saya renggut kembali mobo, mengembalikan masa kejayaannya dahulu kala, meskipun saya tahu posisi saya sekarang ini tidak memungkinkan untuk memindahkannya..
mobo di purwokerto, saya dipekanbaru..

toh, tetap pada akhhirnya saya harus memilih..
dan jalan yang saya pilih, kebetulan belum ada yang saya rasa pas di hati saya..


cita-cita, impian, dan segalanya bagi saya,
itulah mobo untuk saya..
cita-cita saya sedari kelas 3 SD,'
perjuangan saya dalam mewujudkannya
dan segalanya bagi hidup saya..
komik,novel dan Drama tidak akan berpisah selama nafas saya masih ada. (lebay banget yaaaah ..ahaha)
jadi saya pasti akan mempertahankannya semaksimal mungkin..



* Rental Mobo atau Rumah Mobo
sekarang ini memiliki satu manajer yang merupakan teman baik saya bernama Dian Martharini
memiliki 2 pegawai yang dua2 bergender pria
memiliki koleksi > 10rb komik dan novel dan >20rb DVD



You may also like

4 komentar:

  1. oh ya, trus sekarang mobo alamatnya di mana? masih di daerah grendeng aja kan?

    BalasHapus
  2. nah ntu dia...skr mobo nya udah pindah lagi..didepan alfa mart jl. kampuus..

    BalasHapus
  3. Hi, apa kabar dengan Mobo sekarang ?
    dulu saya member tetapnya, dan di 2012 dapat info dari pegawainya bahwa Mobo tidak lagi beroprasi.
    kalau boleh, saya ingin membeli beberapa kommik seperti:
    KITCHEN PRINCESS dan SPARKLING GINGACHOU (completed series)
    tolong kabari ya ke 085224919169.

    BalasHapus
  4. Hai mobo..
    Saya ingin membeli komik garfield yang judulnya takes up space atau terserah judulnya yang penting komik garfield
    Jika ada tolong kabarin yaa
    082272693571

    BalasHapus